Kota Sampah Elektronik

Pernah membuang sampah elektronik? misal komputer atau TV dan penasaran kira-kira kemana yah dibuangnya? Mungkin saja anda bisa menemukan komputer bekas yang dibuang di kota Guiyu, Cina.

Kota Guiyu, Cina adalah sebuah kota yang terkenal dengan sebutan e-Waste City atau kota pembuangan elektronik yang mungkin terbesar di dunia.

Hampir seluruh sampah elektronik di dunia mungkin saja akan berakhir disini.

Kota Geiyu sendiri pertama kali tereksploitasi pada tahun 2001 oleh Basel Action Network (dari Wikipedia) yang mendokumentasikan kota ini.

Kota Guiyu mulai menerima sampah elektronik sekitar tahun 1995 dan setidaknya ada 150.000 pekerja di kota ini.

Masalah yang timbul bukan saja masalah polusi karena sebagian besar barang tidak bisa terurai (dimusnakan) begitu saja tetapi juga kesehatan para pekerja yang ada karena “bermain” dengan suku cadang bekas.

Disini, semua barang bekas elektronik dikumpulkan, dipilah dan nantinya semua komponen akan dicopot satu per satu dan dipilih mana yang masih baik dan mana yang tidak.

Kemana yang masih baik atau bisa digunakan? Setidaknya anda bisa tahu dan menerka-nerka kemana “lari”-nya.

Oh iya, pada tahun 2008 bahkan sebuah program TV di Amerika juga pernah menemukan bahwa ternyata sebagian sampah elektronik di Amerika sana juga dibuang kesini.  (aphin)

Lihat photo-2Nya;

 

 

Sumber: Tigasisi/ Cuerty Google Pic

2 comments on “Kota Sampah Elektronik

  1. franditya mengatakan:

    ini dia asal barang-barang murah dari cina mulai dari jepitan rambut sampai handphone. kalau bisa mendaur ulang sampah seharusnya industri tambang keruk bisa dikurangi drastis. salam…

    • da yay mengatakan:

      terimakasih fanditya atas tangapannya

      dari buisnesweek.com saat ini negara Cina mendominasi pasar dunia dlm segala produk, diketahui PDB/Tahun negara tsb tinggi, diketahui warga Cina senag berdagang,niaga karna itulah Cina menjadi negara maju didukung sumber daya dan kultur.

      indonesia sulit untuk maju, menurut Tiges (tigasisi) warganya yang Talent, Pintar,Cerdas berlomba jadi pegawai N, BUMN d Suwasta, wah.. jadi akan sulit untuk maju barang tentu pasar Indo akan dikendalikan corp luar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s